GERAKAN BERAS BERSAMA KALBAR : Untuk Mempromosikan Beras Produksi Kalbar

DKPTPHP – Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura ( Distan TPH) Kalbar, Heronimus Hero, SP, M.Si melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sanggau (Kamis 12/19). Kunjungan tersebut dalam rangka pembinaan pasca panen guna mendukung kebijakan Gubernur Kalimantan Barat untuk mempromosikan beras produksi Kalbar.

Kadistan TPH menjelaskan “ Kita ingin beras Kalimantan Barat yang di produksi itu tidak hilang jejak, sehingga kami dari Provinsi berusaha mengumpulkan beras-beras yang di produksi oleh Kabupaten kota se Kalbar yamg sudah bermerk agar kita promosikan di tingkat Provinsi, sehingga masyarakat tau bahwa beras kita khususnya Sanggau itu ada.”

“Karena selama ini, beras yang kita produksi meskipun surplus, tetapi kehilangan jejak karena banyak penampung ataupun pengecer, membeli dari penggiling lokal, tanpa merk, sehingga ada kemungkinan beras tersebut dikemas ulang dan diberi merk lain.” Lanjutnya.
Diminta kepada petani yang menjual beras harus memberi merk pada kemasan yang menunjukkan identitas asal produksi beras tersebut.

Kepala DKPTPHP Kabupaten Sanggau, Ir. H. John Hendri, M.Si, Pada prinsipnya siap untuk mendukung Program Gerakan Beras Bersama Kalimantan Barat.
“Pemerintah dalam konteks ini, Dinas, harus membantu petani dengan memfasilitasi masyarakat petani yang ingin membentuk KEP ( Kelembagaan Ekonomi Petani) atau melalui BUMDes, tentunya untuk membentuk itu, mereka harus mengikuti prosedur yang ada, jika yang terkait makanan, beras, harus ada izin dari instansi kesehatan dsb, terkait pangan lokal.” ujarnya.
“Beras lokal yang berkembang di Sanggau saat ini cukup beragam, beras merah, beras hitam, ada juga beras lokal yang sedang diusulkan sertifikasi, yaitu beras “Cantik” desa Engkahan, Kecamatan Sekayam, sedangkan untuk beras yang sudah kita siapkan saat ini ada 2, yaitu beras putih cap “Bandong” dan beras merah cap “Sabang Merah” Sambungnya.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.